SAT BRIMOB

SATUAN BRIGADE MOBIL DAERAH
POLDA KALIMANTAN TENGAH



Satuan Brigade Mobil yang selanjutnya disebut Satbrimob adalah unsur pelaksana tugas pokok dalam bidang Brigade Mobil pada tingkat Polda yang berada di bawah Kapolda.

Satbrimob bertugas melaksanakan kegiatan penanggulangan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang berkadar dan berintensitas tinggi.

Dalam melaksanakan tugas, Satbrimob menyelenggarakan fungsi:

  •  penyusunan rencana kerja dan anggaran, pengelolaan dan pembinaan manajemen personel dan logistik, administrasi dan ketatausahaan, serta pengelolaan keuangan;
  •  pelaksanaan operasional Satbrimob Polda yang meliputi perencanaan dan administrasi operasional, koordinasi dalam rangka operasional, pembinaan dan pelatihan praoperasi serta pengendalian operasional;
  •  penyelenggaraan manajemen logistik terhadap peralatan dan angkutan serta perbekalan umum di lingkungan Satbrimob;
  • pelaksanaan latihan teknis dan latihan satuan secara bertingkat, bertahap dan berkesinambungan guna mewujudkan standardisasi kemampuan dan kesiapan operasional satuanBrimob;
  •  pelaksanaan penindakan gangguan Kamtibmas berkadar dan berintensitas tinggi khususnya kejahatan terorganisir yang menggunakan senjata api, bom, bahan kimia, biologi, radioaktif, perlawanan terror dan bantuan teknis fungsi Gegana;
  •  pelaksanaan penindakan kerusuhan massa anarkis, lawan Insurjensi/gerilya anti gerilya, pertolongan dan penyelamatan masyarakat/bantuan penanggulangan bencana (SAR)
  •  pelaksanaan manajemen bidang intelijen Korbrimob meliputi kegiatan pengumpulan, pengolahan dan penyajian produk intelijen untuk mendukung tugas oprasional Satbrimob.
  •  penyelenggaraan pembinaan disiplin, pemeliharaan ketertiban, dan pemeriksaan terhadap pelanggaran disiplin
  •  penyelenggaraan teknologi informasi dan komunikasi satuan Satbrimob serta pemeliharaan dan perbaikan peralatan komunikasi
  •  penyelenggaraan pelayanan umum dan protokoler; dan
  •  penyelenggaraan kesehatan lapangan, pembinaan jasmani dan kesehatan keamanan dan ketertiban masyarakat.

 

VISI

Terwujudnya satbrimob Polda KALTENG sebagai back up satuan kewilayahan dalam menanggulangi gangguan keamanan yang berintensitas tinggi serta memberikan perlindungan, pengayoman, pelayanan kepada masyarakat yang profesional, bermoral, modern dan dipercaya serta mejunjung tinggi hukum dan ham untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah propinsi KALIMANTAN TENGAH.

 

MISI

  1. Meningkatkan kinerja satbrimob polda KALTENG secara profesional, transparan, akuntabel dalam penegakkan hukum dengan tetap mejunjung tinggi hukum dan hak asasi manusia.
  2. Menyiapkan kekuatan dan memberikan bantuan taktis (back up) kepada satuan kewilayahan maupun fungsi tehnis kepolisian lainnya dalam bentuk membantu, melengkapi, melindungi, memperkuat dan menggantikan sehingga dapat membatasi ruang gerak, melumpuh-kan, menangkap para pelaku kejahatan beserta saksi dan barang buktinya.
  3. Meningkatkan pelatihan-pelatihan baik perorangan maupun satuan agar tetap terpelihara disiplin maupun kemampuan dan keterampilan yang dimiliki secara berlapis dan berjenjang agar dapat berperan aktif dalam menciptakan rasa aman.
  4. Meningkatkan pengawasan baik internal maupun eksternal serta pengendalian langsung di lapangan dalam mewujudkan kinerja Satbrimob Polda KALIMANTAN TENGAH yang bersih, berwibawa, terpercaya  dan modern.
  5. Meningkatkan kemitraan dengan berbagai potensi masyarakat melalui kegiatan patroli daerah rawan sehingga dapat terjalin komunikasi dengan masyarakat dalam rangka menciptakan rasa aman,  tenteram dan damai dalam kehidupan masyarakat dan situasi kamtibmas yang kondusif.
  6. Meningkatkan koordinasi dengan lembaga, instansi, swasta dan satuan samping dalam rangka menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif di propinsi KALIMANTAN TENGAH.

Struktur Organisasi :

Struktur Organisasi BRIMOB Polda KALTENG mengacu Peraturan Kapolri nomor 14 Tahun 2018, Susunan Organisasi dan  Tata Kerja Pada Tingkat Kepolisian Daerah.

Struktur Organisasi:

 <!--[endif]-->